Created (c) by Princexells Seyka (Princelling Saki)

Jumat, 22 Februari 2013

Tips agar Baterai UPS tetap awet!


Uninteruptible Power Supply (UPS) memang memiliki peran yang penting dalam supply power pada instalasi power komputer. Keberadaan UPS sangat berarti maka dari itu diperlukan perawatan dan perlakuan agar fungsinya tidak terabaikan. Kekuatan UPS biasanya bisa sampai tiga dan bahkan sampai lima tahun. Tapi awetnya suatu UPS juga dapat bertahan bergantung dari beberapa faktor, di antaranya adalah penggunaan dan lingkungan termasuk perlakuan.
Ada beberapa cara untuk mengoptimalkan keawetan UPS, yaitu:

1. Pastikan UPS berada di tempat bersuhu sejuk dan kering – serta cukup ruang untuk ventilasi. Suhu yang ideal bagi UPS tidak lebih dari 75o F (24o C). Untuk ventilasi, sisakan jarak 1 sampai 2 inci di masing-masing sisi UPS agar aliran udara lancar.
2. Pastikan pengujian runtime terhadap UPS – sekali atau dua kali dalam setahun apabila diperlukan. Namun, sebagian orang telah melakukan pengujian runtime untuk memverifikasi apakah runtime UPS cukup memadai. Meskipun demikian, bila terlalu sering melakukan pengujian runtime disinyalir justru akan memperpendek umur baterai UPS.
3. Hindari menyimpan baterai yang melebihi jangka waktu yang ditentukan – Baterai yang baru dapat disimpan selama 6 hingga 12 bulan. Setelah periode ini, baterai harus digunakan agar kemampuan chargenya tidak berkurang. Selain itu, tidak disarankan untuk menyimpan baterai yang sudah pernah digunakan.
4. Ketika runtime, jangan sampai lebih dari 80% kapasitas UPS – Menambah load justru akan mengurangi runtime UPS. Ketika terjadi mati listrik, UPS yang diisi sampai memenuhi kapasitasnya akan menghabiskan tenaga baterai dengan lebih cepat dan dapat memperpendek umur UPS tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk menyisipkan kode, gunakan tag <i rel="code">KODE ANDA</i>
Kode yang panjang bisa menggunakan tag <i rel="pre">KODE PANJANG ANDA</i>
Untuk menyisipkan gambar, gunakan tag <i rel="image">URL GAMBAR</i>
Untuk menyisipkan judul, gunakan tag <b rel="h3">JUDUL ANDA DI SINI...</b>
Untuk menciptakan efek tebal gunakan tag <b>TEKS ANDA DI SINI...</b>
Untuk menciptakan efek huruf miring gunakan tag <i>TEKS ANDA DI SINI...</i>

Lagi Perbaikan Blog
Back to Top